HUKUM

Mengapa KPK Mulai Soroti Potensi Korupsi di Sektor Pertanian?

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

SuaraAgribisnis.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti potensi korupsi di sektor pangan atau pertanian. Sektor itu diawasi karena berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

“Sektor pangan memang menjadi perhatian serius oleh KPK,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa, 17 Juli 2018.

BACA JUGA : Korupsi Sektor Pertanian Harus Mendapat Perhatian KPK

Menurut Febri, perhatian khusus ini KPK lakukan dalam tataran penindakan dan pencegahan. Dia menyebut KPK memiliki kajian yang berhubungan dengan sektor pertanian.

Terkait Hajat Hidup Orang Banyak, Alasan KPK Pelototi Korupsi di Sektor Pangan

Salah satu kasus korupsi di sektor pangan adalah kasus benih bawang putih tahun anggaran 2017 di wilayah Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Polda NTB mengendus adanya dugaan keterlibatan oknum pejabat pemerintahan dalam proses distribusi proyek pengadaan benih bawang putih yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) itu.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur ada 350 ton benih bawang putih lokal didistribusikan kepada 181 kelompok tani yang tersebar di 18 desa se-Kabupaten Lombok Timur.

Benih dibeli dari hasil produksi petani di Kecamatan Sembalun pada periode panen pertengahan tahun 2017.

Benih bawang putih lokal dibeli pemerintah melalui salah satu BUMN yang dipercaya sebagai penangkar yakni PT. Pertani, dimana pembeliannya menggunakan anggaran APBN-P 2017 senilai Rp 30 miliar.

Kemudian, ditemukan pada saat pendistribusian bantuannya di akhir tahun 2017, banyak kelompok tani yang mengeluh tidak mendapatkan jatah sesuai data. (sip)

KONTAK REDAKSI

Media Suaraagribisnis.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : forumagribisniscom@gmail.com dan redaksi@suaraagribisnis.com atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top