LITBANG, INOVASI & TEKNOLOGI

Kendalikan Hama Hidroponik Paprika, Mahasiswa Unsoed Gunakan Susu Skim

Dosen Fakultas Pertanian Unsoed Dyah Susanti,SP,MP bersama para mahasiswa peneliti.

SuaraAgribisnis.com, Purwokerto – Paprika merupakan salah satu komoditas sayuran buah yang bernilai komersial tinggi. Selain sulit diproduksi di dataran medium dan rendah, hama dan penyakit yang dapat mengakibatkan menurunnya produksi bahkan gagal panenpun cukup banyak.

Salah satunya adalah hama thrips yang mampu menyebabkan penurunan hasil paprika yang termasuk cabai-cabaian hingga 70%, bahkan dapat berakibat gagal panen.

Menyikapi permasalahan ini, tiga mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto JawaTengah, mencoba melakukan penelitian pengaruh susu skim sebagai pestisida alami dalam budidaya hidroponik irigasi tetes.

Mereka adalah Rizal Andina Wiansah (Teknik Pertanian Fakultas Pertanian Unsoed), Rizka Ayuningtyas (Fakultas Peternakan Unsoed), Amellia Ayu Febriani (Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam / MIPA Unsoed) bersama Dyah Susanti,SP,MP (Dosen Fakultas Pertanian Unsoed) sebagai dosen pendamping

Penelitian ini dilakukan di screenhouse Experimental Farm (Exfarm) Fakultas Pertanian Unsoed, Purwokerto.

Pemilihan susu skim sebagai pestisida alami, didasari oleh pentingnya menjaga keamanan pangan paprika yang dihasilkan agar tidak mengandung residu pestisida kimia seperti paprika yang diproduksi petani pada umumnya.

Pestisida merupakan racun yang digunakan untuk membunuh organisme hidup yang mengganggu tumbuhan, ternak bahkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia. Susu skim digunakan dalam penelitian ini sebagai pestisida alami untuk mengendalikan populasi penyakit/hama.

Penggunaan susu skim, menurut Amel yang juga mahasiswa Fakultas MIPA Unsoed dapat menghambat populasi hama thrips karena ukuran partikelnya yang sangat kecil sehingga mampu menutup jalan masuk hama untuk melakukan penetrasi pada permukaan atas maupun bawah daun, sehingga tidak mampu menyebabkan gangguan pada fungsi daun tanaman sebagai tempat fotosintesis.

Kandungan gizi susu skim juga diharapkan mampu mendukung pertumbuhan paprika sehingga hasilnya meningkat.

BACA BERIKUTNYA : Merupakan Program Kreatifitas Mahasiswa yang Dibiayai Menristekdikti

KONTAK REDAKSI

Media Suaraagribisnis.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : forumagribisniscom@gmail.com dan redaksi@suaraagribisnis.com atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Pages: 1 2

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top