PERTERNAKAN

Telur Ayam di Jaksel Turun Tipis Jadi Rp26-28Ribu

Harga telur ayam di Jakarta Selatan, khususnya Pasar Minggu, sejak Sabtu (21/7/2018)), bergerak turun tipis di kisaran Rp26 ribu sampai Rp28 ribu.

SuaraAgribisnis.com, Jakarta – Harga telur ayam di Jakarta Selatan, khususnya Pasar Minggu, sejak Sabtu (21/7/2018)), bergerak turun tipis di kisaran Rp26 ribu sampai Rp28 ribu setelah sempat tinggi di rentang Rp28 ribu hingga Rp30 ribu pada lima hari terakhir.

Berdasarkan pantauan Antara ke sejumlah pedagang di Pasar Minggu , hanya penjual semi agen yang menjual telur ayam dengan harga Rp26 ribu. Sementara itu, pedagang eceran di Pasar Minggu masih bertahan untuk menjual telur ayam di kisaran Rp27 ribu hingga Rp28 ribu rupiah.

“Per hari ini, karena kita baru ambil dari produsen. Harganya di tingkat mereka (produsen) sudah turun, jadi di kita pun berani jual Rp26 ribu per kilogramnya,” kata Nasir, pedagang semi-agen Toko Rahmat Jaya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (21/7/2018).

Nasir mengaku pihaknya dan penjual semi-agen lainnya selalu menjual harga telur ayam lebih murah seribu hingga dua ribu rupiah dibanding harga pedagang eceran lainnya.

“Buat kami pada prinsipnya, barang harus habis dalam tiga hari, telur ayam itu (untuk di toko) hanya boleh tiga hari, harus habis. Jadi lebih murah seribu atau dua ribu tidak masalah, karena kami membeli dalam jumlah besar,” terang Nasir.

Ia menjelaskan, selama ini ia membeli telur dari produsen yang berlokasi di Pulau Jawa, misalnya Blitar di Jawa Timur, Wonosobo di Jawa Tengah, hingga Tangerang di Banten.

“Ada juga dari Cianjur di Jawa Barat,” tambahnya.

Saat ditanya soal pengaruh operasi pasar, Nasir mengaku kurang begitu mengetahui adanya kebijakan pemerintah tersebut.

“Mungkin ya, tetapi kurang tahu juga. Kemarin ada mobil (yang operasi pasar) di sekitar Robinson, Pasar Minggu, tetapi ya terbatas, hanya dua kg per orang,” jelas Nasir.

Di kesempatan berbeda, Mahfud (47) pedagang telur ayam eceran di Pasar Minggu mengaku harga telur masih berkisar di Rp27 ribu hingga Rp28 ribu per kilogram.

“Harapannya, harga telur cepat turun dan kembali normal. Dulu biasanya kami beli di agen cuma Rp280 ribu per 15 kilogramnya, sekarang Rp380 ribu per kilogram,” terang Mahfud saat ditemui di kiosnya, Pasar Minggu, Sabtu.

Harga telur ayam di pasar-pasar Jabodetabek sempat mencapai angka Rp30 ribu sekitar seminggu terakhir. Alhasil, Kementerian Pertanian sejak Kamis (19/7) menggelar operasi pasar di 43 pasar dan enam perumahan. (gtm)

KONTAK REDAKSI

Media Suaraagribisnis.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : forumagribisniscom@gmail.com dan redaksi@suaraagribisnis.com atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top