PERIKANAN TANGKAP

OKU Timur Kembangkan Perikanan Budidaya Berdayakan Eks-Narapidana

Jajaran pejabat di lingkungan Pemkab OKU Timur berfoto bersama para pembudidaya ikan penerima bantuan bibit di Martapura, OKU Timur, Senin (29/4/2019).

SuaraAgribisnis.com, Musi Rawas Utara – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan, mengembangkan perikanan budidaya dengan memberdayakan puluhan mantan narapidana.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi di Martapura, Kamis (2/5/2019), mengatakan perikanan merupakan satu dari tiga sektor yang terus dikembangkan di kabupaten selain pertanian dan perkebunan holtikultura.

“Potensi di OKU Timur ini luar biasa, dan kami sangat senang sekali Polda Sumsel menawari program kerja sama dengan memberdayakan para narapidana,” kata Kholid.

Ia mengatakan melalui program ini, para narapidana dapat mendapatkan lapangan pekerjaan, yang mana diharapkan dapat menjauhkan mereka dari perbuatan melanggar hukum.

“Dengan begitu, situasi dan kondisi di OKU Timur akan aman dan masyarakat akan bersemangat untuk bekerja dan berkehidupan di sini,” kata dia.

Program pemberdayaan mantan narapidana ini yakni pengembangan budidaya ikan dalam karamba dengan memanfaatkan Daerah Aliran Sungai (DAS), yakni di daerah pesisir Sungai Komering.

Pada tahun ini kegiatan budidaya ikan dalam karamba dialokasikan sebanyak 40 petak yang tersebar di lima kecamatan, diantaranya Kecamatan Martapura yakni di Desa Keromongan dialokasikan lima petak, di Kecamatan BP Peliung yakni di Desa Negeri Pakuan sebanyak lima petak.

Kemudian Kecamatan Madang Suku II yakni di Desa Sukanegara sebanyak 14 petak, Kecamatan BP Bangsa Raja yakni di Desa Anyar sebanyak delapan petak, serta Kecamatan Madang Suku III, di Desa Batumarta VI sebanyak delapan petak.

“Melalui pengembangan budidaya ikan ini, masyarakat bukan hanya mendapatkan manfaat ekonomi tapi juga menjaga potensi perikanan dengan turut melestarikan lingkungan perairan umum di Kabupaten OKU Timur,” kata dia.

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengapresiasi program yang dijalankan Pemkab OKU ini yang mau merangkul mantan narapidana.

“Saya sangat mengapreasi apa yang dilakukan Pemkab OKU Timur, karena berkat sinergi ini telah memberikan lapangan pekerjaan bagi mantan narapidana. Kabupaten ini layak menjadi percontohan kabupaten lain,” kata Kapolda. (dol)

KONTAK REDAKSI

Media Suaraagribisnis.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : forumagribisniscom@gmail.com dan redaksi@suaraagribisnis.com atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top