SEKTOR RIIL

Jokowi Hebat! Indonesia Sekarang pun Impor Ikan Asin

Pemerintah perlu mengeluarkan peraturan larangan impor ikan asin.

SuaraAgribisnis.com, Jakarta – Beras, gula, garam di impor. Giliran ikan asin di impor dari Taiwan dan Thailand. Karuan saja kebijakan pemerintah ini dikecam. Seharusnya dengan luas laut yang dimiliki, Indonesia bisa mengespor ikan asin secara besar – besaran ke berbagai Negara.

“Indonesia seharusnya tidak perlu impor ikan asin. Apalagi Indonesia dikenal memiliki laut yang luas sehingga bisa mengembangkan ikan asin untuk kebutuhan sendiri. Oleh karena itu pemerintah perlu mengeluarkan peraturan larangan impor ikan asin. Selain itu Kementerian Perindustri juga bekerja guna menyesaikan permasalahan ikan asin yang harus impor,” kata pengamat ekonomi Gede Sandra, Rabu (19/6/2019).

Menurut Gede, dengan luas laut yang dimiliki maka harusnya Indonesia bisa ekspor ikan asin secara besar – besaran. Demi terwujudnya sebagai negara pengekspor ikan asin maka perlu penegakkan peraturan konservasi dan penegakan hukum. Bila perlu bakar kapal – kapal yang berkontribusi menghasilkan deindustrialisasi perikanan.

Industri Perikanan

Namun, sambung Gede, nyatanya Indonesia menjadi pengimpor ikan asin, itu artinya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP) yang saat ini dipimpin Susi Pudjiastuti telah gagal memacu pertumbuhan industri perikanan. Meskipun di sisi lain Susi berjasa menunjukkan kepada dunia, betapa tidak permisifnya Indonesia terhadap illegal fishing. Demikian, seperti dikutip Eramuslim.com. (*)

KONTAK REDAKSI

Media Suaraagribisnis.com menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : forumagribisniscom@gmail.com dan redaksi@suaraagribisnis.com atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top